Certwit Dahlan Is Can

Judul Buku : Cerwit Dahlan Is Can!
Penulis : Sultan Eries Adlin
Tahun Terbit : 2013
Tebal Buku : I-327 lembar

            Buku cerwit “Dahlan Is Can” berisi tentang tweet-tweet Dahlan yang menarik, lucu dan inspiratif. Dahlan Iskan adalah mantan Dirut PT PLN yang pada 2013 menjabat sebagai Menteri Negara BUMN, melalui akun twitter Dahlan ia berinteraksi dengan siapa pun dan menceritakan bayak hal entah itu tentang masa kecilnya, kemiskinannya, pengalaman-pengalaman hidupnya dan pekerjaannya. Dalam tweet dan retweet dahlan pun tidak selalu serius, dahlan selalu menjawab dengan khasdan leluconnya.

            Pada bab pertama buku ini menceritakan tentang Dahlan yang pertama kali menggunakan twitter. Dengan sedikit paksaan dari Najwa Shihab, Dahlan pun akhirnya belajar berkicau di twitter. Pada awal kemunculan akun @iskan_dahlan banyak penduduk twitterland yang menganggap akun tersebut adalah akun palsu. Berkat komfirmasi dari Najwa Sihab dengan men-tweet melalui akunnya @najwashihab ”selamat datang di twitter pak @iskan_dahlan dijamin 100 persen!”. Hal inilah yang berhasil meyakinkan para twitterland bahwa akun @iskan_dahlan adalah akun Dahlan Iskan menteri BUMN.

            Pada bab kedua, bercerita tentang kemeja putih Dahlan. Cara berpakaian Dahlan yang selalu menggulung kemejanya sampai setengah lengan, celana kain hitam tapi lebih sering memakai blue jeans dan sepatu kets yang selalu melekat pada dahlan. Dahlan identik dengan kemeja putih. pernah disuatu acara dahlan tampil dengan baju batik saat mendampingi presien Susilo Bambang Yudhono membuka pameran kerajinan indonesia, Dahlan terlihat aneh dengan pakaian tersebut. Kebiasaan Dahlan memakai kemeja putih baik acara formal dan informal memunculkan opini bagi masyarakat bahwa dahlan adalah sosok yang berpenampilan sederhana. Pada saat dahlan ditanya perihal tersebut di acara Kick Andy, dahlan waktu itu protes dengan mengatakan “kok Anda bilang saya sederhana? Kemeja saya ini mahal lho”. Mengapa Dahlan sering memakai kemeja putih adalah pertanyaan yang sering muncul dibenak masyarakat , sama halnya dengan akun @melidaputri “pak kenapa sih sukanya pake kemeja putih? Ada artinya ya?”. Meski dituduh sering memakai kemeja putih, Dahlan pun menjelaskan bahwa dirinya tidak menerus memakai kemeja warna putih “kadang putih muda, kadang putih tua.” Dan Dahlan pun menjawab dengan mention  “[putih muda] yang dipake ABG itu lho! Sedang putih tua yang saya pakai itu” .

            Bab selanjutnya bercerita tentang ulang tahun Dahlan. Dahlan adalah salah satu orang yang tidak mengetahui tanggal bulan dan tahun kelahirannya. Ulangtahun Dahlan pada saat itu ditulis di belakang pintu lemari dan tidak dibuatkan Akta kelahiran dikarenakan tidak memiliki dana lebih untuk membuat akta, dan jadinya ditulis dilemari untuk dijadikan sebagai arsip. Akan tetapi lemari tersebut dijual kerena kesulitan ekonomi sehingga akta tersebut tinggal kenangan.  Pada saat ditanya tentang kelahiran Dahlan pada masa kuliah di IAIN samarinda yang harus mengisi formulir, dahlan pun menulis angka 17 Agustus 1951, angka 17 Agustus dipilih dahlan karena angka tersebut mudah diingat kemudian tahun 1951 diambil karena Dahlan menghubung-hubungkan tentang meletusnya gunung kelud, pada meletusnya gunung kelud ‘bapak’ Dahlan bercerita bahwa pada saat itu Dahlan sudah bisa merangkak.

Pada bab selanjutnya bercerita tentang poligami dahlan. “om Dahlan punya istri berapa om”(@beccemakassar) mention tersebutlah yang mengakibatkan dahlan mendendangkan sepenggal lagu “aku tak mau jikalau aku dimadu. Pulangkan saja kepada orang tuaku” diakun twitternya. Dahlan memang tidak menjawab mention tersebut tapi bisa disimpukan bahwa dahlan bukan penganut poligami. Nafsiah sabri adalah nama istri Dahlan yang kisah cinta mereka sudah benyak diceritakan dalam berbagai buku. Nafsah rela dimadu oleh kerjaan Dahlan. kerja, kerja, kerja adalah  moto hidup seorang Dahlan. Tweet-tweet  Dahlan yang lucu yang berkaitan dengan hal tersebut “ ada sidang kabinet izti . itu istri ketiga sy hehehehe” “Pak dis, susah mana jatuh cinta atau menbangun cinta ?”(@yanni_ahmad) “yanni, yg lebih susah lg mengejar cinta hahaha...”(@iskan_dahlan).

Masih banyak lagi tweet dahlan iskan yang tidak kalah menarik, buku ini menggolongkan tweet dahlan kebeberapa bab seperti yang saya jelaskan diatas. Jadi kalau penasaran tweet-tweet Dahlan Iskan baca saja bukunya. Hehehehehe.

 

Kelebihan buku

  • Lucu, menghibur dan mengispirasi
  • Pada awal bab penulis mengisi dengan cerita sebelum masuk pada tweet dahlan sehingga pembaca lebih mengerti.

Kekurangan buku

  • Buku tersebut tebalnya 327 lembar yang terbagi menjadi 1-134 halaman berisi tentang penjelasan munculnya tweet dahlan dan 135-327 halaman berisi the most inspiring dahlan`s tweets tanpa ada penjelasan seperti pada halaman 1- 134
Penulis
Sari
Author: SariEmail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Our Instagram

Events

No events