Membaca merupakan cara terbaik untuk bersantai dan menurut penelitian hanya butuh 6 menit saja untuk mengurangi tingkat stress lebih dari dua pertiga.

Stress merupakan suatu kondisi yang dinamis saat kamu merasa tertekan dengan masalah tuntunan hidup, pekerjaan, himpitan ekonomi, masalah social dsb, stress tidak mengenal usia dan dapat dialamai siapa saja tanpa terkecuali, jadi stress adalah hal yang lumrah, namun harus diatasi. Ada banyak cara untuk mengilangkan stress, bisa dengan makanan, jalan-jalan, atau bermain game. Nah ternyata salah satu cara efektif untuk mengilangkan stress adalah dengan membaca.

Membaca dapat mengurangi tingkat stress menjadi 68 persen, menurut penelitian dari Universitas Sussex.

Selain itu, membaca bekerja lebih baik dan lebih cepat dari metode-metode yang biasa digunakan untuk menenangkan saraf-saraf yang lelah seperti mendengarkan musik, berjalan-jalan diluar rumah atau menenangkan diri dengan minum secangkir teh.

Mindlab International di Universitas Sussex melakukan penelitian kepada sekelompok relawan. Tingkat stress dan denyut jantung mereka ditingkatkan melalui berbagai tes dan latihan sebelum mereka di tes dengan berbagai macam metode relaksasi tradisional

Menurut Dr. David Lewis (neuropsikolog kognitif ), membaca bekerja baik, mengurangi tingkat stress menjadi 68 persen. Subjek hanya perlu membaca, dengan diam, selama 6 menit untuk menurunkan denyut jantung dan mengurangi ketegangan ototnya. Faktanya hal ini membuat tingkat stress subjek lebih rendah dari sebelum mereka memulai tes.

Mendengarkan musik juga dapat mengurangi stress menjadi 61 persen, minum secangkir teh atau kopi 54 persen dan berjalan-jalan 42 persen. Bermain game dapat menurunkan stress menjadi 21 persen dari tingkat stress paling tinggi akan tetapi masih membuat denyut jantung relawan diatas denyut jantung awal sebelum mereka tes.

Dr. Lewis, yang melakukan tes, mengatakan: “menghilangkan diri anda ke dalam sebuah buku adalah relaksasi terbaik”. Hal ini tentu menyedihkan di saat ekonomi yang tidak menentu saat kita semua sangat membutuhkan pelarian dari kesibukan.

Tidak masalah buku apa yang kamu baca, dengan menghilangkan dirimu dalam buku yang mengasyikkan kamu dapat keluar dari kecemasan dan stress dengan kehidupanmu sehari-hari dan menghabiskan beberapa saat menjelajahi domain imajinasi dari penulis.

Ini lebih dari sekedar pengalih perhatian karena aktif melibatkan imajinasi sesuai dengan kata-kata pada halaman yang tercetak dapat merangsang kreativitasmu dan membuat kondisi kesadaranmu berubah.

Penulis
Bello_Cad
Author: Bello_CadEmail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Our Instagram

Events

No events